Thursday, April 28, 2005

NAEK GAJIH 2

NAEK GAJIH 2


Musti nulis lagi……….sbelom moodnya ilang, he..he

Ok, back to the story……….
Terhitung sejak kenaikan pertama itu, g udah naek gajih kira2 dua kali sampai kejadian ini ---> Bos g resign!!!
Berita buruk?? Berita baek?? Gak tau.
Yang pasti karna kejadian itu g bisa naek gaji lagi.
Loh??!!! %% Apa hubungannya coba???
Ada, dan pasti ada!! Ini khan cerita g, terserah g dong menghubung-hubungkannya. (he..he)
Bos g keluar borongan (bangunan kaleeee!!) jadi yg tinggal dikantor cuman beberapa orang, dan g termasuk salah satunya.
Setelah denger kabar2 plus selentingan dia mo resign, g deketin dia dan dengan segala pesona yang melekat di diri g (kali ini gak pake nyengir kuda), dg semangat 79 dan sambil becanda2 garing g bilang “ NAIKIN GAJIHNYA DUNK PAK!?”
Mo tau hasilnya??? -------- berhasil jek!!------lumayan lah, g naek cepek….he..he (naek gajih 2)

Pasti sekarang pada penasaran khan, mahluk yg bernama “becanda garing” tu seperti apa?? Kok bisa2nya dia nyaingin jurus”nyengir kuda” buat naek gaji? Soalnya saya yakin kalian pasti nggak bisa nanya gimana saya mendapatkan segala pesona yg g punya (udah bawaan lair)…..He…he..sante ini dia jurus barunya…….>

Pertama2 siapin propertinya, “temen”.
Iya temen satu kantor (jangan temen satu rumah lo bawa, ntar dikira lo minta kawin lagi!!), tujuannya selain kita musti bagi2 rejeki ama org laen (klo berhasil) kita juga bisa berbagi malu (klo gagal).
Kedua, gali (bukan begal/perampok) knapa dia pengen resign, bikin dia panas dengan alasan2 dia sendiri.
Ketiga, jgn lupa sisipin joke2 dan saling umpan joke dengan temen kita (ingat petuah team pencela di audisi pelawak)
Joke yg kayak gimana??? Wuih…..begaol donk, masak g suruh ngajarin semuanya???!!! Lagian g males nginget2 dan pasti lupa, soalnya kejadian itu udah 2 taon lalu. (waaaaaaakkkkhhhhh…!!!)

Akhirnya g bener2 kudu nyiapin diri lagi kalo pengen naek gaji.
Kali ini persiapannya kudu total!!, g gak bisa hanya mengandalkan ke dua jurus diatas saja.
Walhasil karna g ngerasa udah waktunya buat g minta naek gaji lagi, g mencari jurus lain.
The big reason is………G UDAH LULUS!!!!!
Thank u ….thank u…..ok give me a hand (I know pasti ada yg jealous, yg blom lulus angkat jari!!! He..he…ada kan)
Sebenarnya itu sudah cukup dijadikan alasan buat minta kenaikan gaji (“itu” disini bukan angkat jari, tapi LULUS, pls take a note!) tapi g gak cukup pede dgn cuman make alasan itu. Akhirnya g nyiapin ini :

G nonjolin semua kelebihan g (serius neh…!!! Gak jorok), g bikin time schedule buat target2 kerjaan yg musti g kerjain. G menghapus AR maupun AP baik local maupun overseas yg udah menaon gak ketagih (that’s right….i’m an accountant), g bikin sistem yg bisa mempermudah pengecekan di tiap2 bagian yg berhubungan ama g dan segala macem laporan yg g butuhin (target 2 bulan) ciiieeee seriuss bo!!!!
The most embarrasing moment adalah…….g beli buku “Cara Negoisasi untuk Kenaikan Gaji” di gramed (jangan ketawa dulu!!!! ne blom seberapa),
bareng ama mantan yang make pakaian necis dan jelas tampak lebih cantik dari g yg berseragamkan kaos bulukan batik bertuliskan ‘bali’ (yg semua org pasti punya) dan celana kamra bersaku banyak (inget??),
doi beli beberapa buku tentang psikotes, g beli satu buku saku seharga pas 10 rebu dengan uang recehan, (note : kita bayar sendiri2) diikuti dengan pandangan mbak kasir yg menyiratkan sejuta duapuluh satu pertanyaan….waakkkkhhhh!!!! (sekarang boleh ketawa)

Akhirnya hari yg g tunggu2 tiba, pas sehabis kelulusan dan mendekati hari gajian, g menghadap big boss.
Seminggu sebelumnya g kasih report ke boss soal hasil2 g (target g tercapai semua coiii!!!).
Aturan pertama, g musti percaya ama buku saku seharga 10 rebu! (gila nggak??)
Ikutin semua petunjuk2 disitu (soalnya masuk akal sih)
Mulai dari pakaian, data2 pendukung hasil2 yg udah g capai, plus pesona dan sedikit parfum bvlgari disekitar leher…..he..he

“maaf pak, lagi sibuk? Ada sesuatu yang ingin saya bicarakan” (note ; lihat suasana hatinya juga, soalnya utk ngomong ini, saya musti menunda beberapa kali karna si bos lg bad mood)
“oh..ya, monggo2 silahkan” (detailnya gak gini2 amat sih :p)
“ Gini pak, kemaren ini kan saya udah lulus kuliahnya………..”
“ oh..ya, selamat ya” (boss berdiri, senyum dan nyalamin saya)
“ Trimakasih pak, ……(saya berdiri, senyum dan nyalamin dia)
selama ini kan saya mendapatkan kenaikan gaji tahunan, dan seperti bapak tahu, saya termasuk karyawan lama disini".
"Dan setelah melihat performance perusahaan yg terus membaik tahun ini, (g liatin datanya) profitnya hampir 2 kali lipat dari taon kemaren. Maka saya mengajukan permohonan penyesuaian terhadap gaji saya.”
“oh..ya, pasti itu…pasti..(sambil senyum2 ngliatin data profit dr g, ne salah satu senjata g..he2)"
" tapi....... nanti barengan ama yg laen yah?? Nunggu februari lah” sambil nyender dikursinya yg empuk itu, dan ngambil posisi sang pengambil keputusan.
“waduh pak….lama sekali, lagian ini momentnya tepat pas kelulusan saya pak, kalo diundur sampai februari saya takut momentum semangat saya jadi berkurang…he..he..” saya ikutan nyender (dikursi g sendiri, bukan dikursi dia!) ngambil posisi juga.
“oh…ya, ….mmmmm….minta berapa….??
“oh…ya (g ikut2an ber "oh..ya" ria) sekitar…….deh pak” (gua minta kenaikan 100% dari basic salary, sesuai dg petunjuk buku dan sedikit improvisasi dari g…..)
“oh…(kali ini gak pake .."ya")
"tapi gak bisa langsung, bertahap dulu ya….??? Bulan ini sama nanti februari???
“mmmmhhh…..kira2 saya nerima berapa pak???
“basicnya saya tambahin 200 ya???”
“mmm…” sok mikir….tapi emang lg mikir, kalkulator dikepala saya bergerak cepat, kalo sekarang 200, trus februari 200 lg, ini mah diatas target g, soalnya g minta kenaikan 100% dr basic tu maksudnya total salary, bukan basicnya….., (BINGUNG???), kalo basicnya aja naek 400 rb otomatis ada tambahan dari tunjangan makan ama kesehatan….fuiiiihh.
G udah pengen ketawa plus jejingkrakan….tapi…
“Mmmh…ya deh pak” dengan memasang tampang sedih gak terima….padahal…he..he (naek gajih 3)

Berhasil lagi!!!! Gak rugi g beli buku seharga 10 rebu tapi tahap pertama aja udah menghasilkan 20 kali lipat. He..he

BTW februari g naek lagi 200 (naek gajih 4), dan tau gak boss bilang gimana??
“maaf ya, ada email dr big boss kalo karyawan cuman boleh naek maksimal xx%, jadi kamu cuman bisa naek segini”
Lonceng akunting saya berbunyi “kesempatan itu dateng lagi” jurus baru -->
“Trus sampe kapan pak?” (pesona tampang sedih g munculin lagi)
“Tunggu ya, 1 ato 2 bulan lagi”
“ya deh pak…..”
Wha...ha..ha...naek lagi!!!!!

pesan moral dari cerita ini :
Pesona memang tidak bisa diajarkan, apalagi keberuntungan………. :P

No comments: